Luka Modric Memenangkan Ballon d’Or, Akhir Dekade Kejayaan Ronaldo dan Messi

Luka Modric, maestro lini tengah yang memenangkan gelar Liga Champions bersama Real Madrid dan kemudian membantu membawa Kroasia ke final Piala Dunia, mendapat kehormatan Senin dengan Ballon d’Or sebagai pemain dunia tahun ini.

Kemenangan Modric berakhir 10 tahun berturut-turut di mana Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bergantian kepemilikan penghargaan itu, yang dianggap sebagai salah satu penghargaan individu terbaik sepakbola dunia. Ronaldo berada di urutan kedua tahun ini, rekor runner-up keenamnya (untuk pergi dengan lima kemenangan). Pemain depan Atlético Madrid Antoine Griezmann berada di urutan ketiga, tepat di depan rekan setimnya di Prancis Kylian Mbappé.

Messi, yang memenangkan liga dan ganda Copa del Rey dengan Barcelona tetapi mengalami Piala Dunia yang menyedihkan dengan Argentina, berada di urutan kelima dalam pemungutan suara oleh wartawan sepak bola, yang diawasi oleh majalah France Football.

Kemenangan Modric secara luas diharapkan – ia telah dihormati oleh FIFA sebagai pemain top dunia – tetapi pengumuman tersebut kehilangan banyak dramanya ketika seorang pengguna media sosial memposting apa yang disebut sebagai daftar total suara. Daftar itu, sebuah foto buram dari apa yang tampaknya merupakan halaman pracetak dari edisi Prancis Football yang akan datang, mulai beredar di media sosial beberapa jam sebelum pengumuman.

Ketika penghitungan resmi penghargaan di Twitter dilacak dengan sempurna dengan jumlah suara yang bocor, penggemar dan jurnalis mulai berdiskusi – atau, secara bergantian, memuji dan mengkritik – Kemenangan Modric bahkan sebelum lampu menyala pada upacara penghargaan di Paris.

Modric, 33, adalah Kroasia pertama yang memenangkan Ballon d’Or; rekan senegaranya Davor Suker adalah satu-satunya pemain Kroasia lainnya yang finis di posisi tiga, pada tahun 1998.

“Sebagai seorang anak, kita semua memiliki mimpi. Impian saya adalah bermain untuk klub besar dan memenangkan trofi penting, ”kata Modric kepada wartawan setelah menerima penghargaan. “The Ballon d’Or lebih dari sekedar mimpi bagi saya dan itu benar-benar suatu kehormatan dan hak istimewa untuk memegang trofi ini.”

Klub kekuatan sekali lagi mendominasi: setiap anggota dari daftar pendek 30 pemain dipekerjakan oleh tim di divisi teratas di Inggris, Spanyol, Italia atau Prancis. Real Madrid memiliki delapan pemain di antara 30 final, misalnya, sementara Liverpool menempatkan empat dan Barcelona, Paris St.-Germain dan Atlético Madrid masing-masing tiga.

Modric adalah pemain ketujuh dari Real Madrid yang mengangkat trofi, memutuskan hubungan dengan pemain Barcelona. (Menghitung banyak pemenang, masing-masing klub sekarang telah menang 11 kali dari semua, rekor lain.) Itu dapat berfungsi sebagai sedikit bonus di Madrid setelah musim panas di mana klub menjual Ronaldo ke Juventus Italia.

Kemenangan Modric mencapai tahun 2018 yang luar biasa – ia memenangkan mahkota Liga Champions keempatnya bersama Real Madrid dan memimpin Kroasia ke final Piala Dunia pertamanya – tetapi itu tidak mengejutkan: Ia sudah merasa terhormat musim gugur ini sebagai pemain terbaik Eropa tahun ini oleh UEFA, badan pemerintahan benua itu, dan pada bulan September ia mengalahkan Ronaldo dan Liverpool Mohamed Salah dalam memilih pemain dunia FIFA tahun ini, mengakhiri rentetan dominasi Ronaldo-Messi yang serupa.

Kebocoran hasil secara online sebelum acara televisi menjadikannya resmi juga bukan hal baru. Pada 2016, pengguna Twitter mengungkapkan braket untuk N.C.A.A. kejuaraan bola basket jauh sebelum CBS, yang membayar miliaran untuk hak turnamen, dapat menembusnya di televisi. Itu menyebabkan perubahan dalam cara jaringan menangani braket setahun kemudian, dan pemuatan depan pelepasan braket.

Bahkan Ronaldo dan Messi tampaknya menganggap Modric akan menang; tidak ada yang muncul untuk penghargaan FIFA pada bulan September, dan keduanya melewatkan upacara Ballon d’Or Senin di Paris.

Sebelum Modric besar mengungkapkan, Norwegia Ada Hegerberg, striker berusia 23 tahun yang bermain untuk Olympique Lyon, memenangkan Ballon d’Or wanita pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *